Adsense Menu

WELCOME IN MY BLOG

Senin, 27 April 2009

jenis-jenis jaringan komputer

Beberapa tipe atau jenis jaringan komputer adalah sebagai berikut:

  1. Peer to peer (workgroup)

    Pada jaringan tipe ini semua komputer berkedudukan sama, dapat bertindak sebagai sebuah PC client (information requestor) maupun PC server (information provider)

  2. Client server (domain)

    Pada jaringan tipe ini terdapat sebuah PC server yang berfungsi untuk mengatur dan membagikan informasi ke setiap PC client yang terhubung dengannya. Server (palayan) menyediakan sarana pada client (pemakai jasa) untuk mengambil data, sharing perangkat keras, dan mengkonfigurasi security pada suatu jaringan.

  3. Dump terminal

    Model jaringan ini menjadikan seluruh sistem terpusat ke server (sistem operasi, aplikasi, storage, dan media lainnya yang akan terpusat ke server). Hanya ada LAN card yang sudah dikofigurasi agar waktu dinyalakan dapat langsung tersambung keserver.

    Pada sisi client yang menggunakan tipe jaringan ini, berupa komputer lama yang sudah tidak terpakai lagi, atau juga bisa membeli perangkat khusus yang ditujukan untuk tipe jaringan model ini. Diantara contoh perangkat yang sering dipakai adalah office station, office star, dan optoma.

    Alat seperti office station cocok sekali untuk perusahaan kecil menengah, penghematan luar biasa, maintanance yang sangat mudah, keamanan lebih terjamin, dan administrator jaringan hanya menjaga server saja.

Tidak ada komentar:



 

© Copyright by ZITQ HANZ | Template by BloggerTemplates | Blog Templates at Fifa World